Kebijakan Transfer Domain


  1. Mengapa PANDI tidak menerima pendaftaran nama domain baru?
    PANDI mengubah sistem pengelolaan nama domain Indonesia (.id) dari Single Point Registry System (SPRS) menjadi Shared Registry System (SRS). Model SRS memisahkan fungsi registrar dari fungsi registry yang selama ini dijalankan seluruhnya oleh PANDI. Dengan peralihan ke model SRS, fungsi registrar tidak lagi dilakukan oleh PANDI. Karena itu pendaftaran, pengelolaan, dan perpanjangan nama domain, nantinya tidak lagi dilakukan di PANDI.


  2. Mengapa PANDI mengubah sistem pengelolaan domain menjadi SRS?
    SRS adalah model yang paling banyak digunakan oleh pengelola nama domain internet di dunia saat ini, termasuk pengelolaan domain-domain internasional (gTLD) oleh ICANN. Model SRS memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna domain karena pendaftaran, pengelolaan, dan perpanjangan nama domain dilakukan oleh perusahaan-perusahaan profesional yang memberikan layanan pelanggan dan dukungan 24 jam.


  3. Jadi, apa fungsi PANDI sekarang?
    PANDI secara bertahap hanya akan menjalankan fungsi registry, yaitu membuat dan menjalankan kebijakan nama domain, serta mengelola sistem nama domain.


  4. Lalu, harus ke mana untuk mendaftarkan nama domain?
    PANDI telah menyeleksi perusahaan-perusahaan Indonesia yang berminat menjalankan fungsi registrar. Ada dua belas perusahaan yang memenuhi syarat menjadi mitra PANDI. Anda dapat mendaftarkan nama domain pada dua belas perusahaan tersebut.


  5. Bagaimana dengan domain saya yang sudah terdaftar di PANDI?
    Domain yang sudah terdaftar untuk sementara masih dapat dikelola melalui panel pengelolaan domain PANDI seperti biasa. Perpanjangan nama domain masih bisa dilakukan melalui PANDI hingga 31 Desember 2012.


  6. Bagaimana dengan nama domain yang habis masa berlakunya setelah 31 Desember 2012?
    Pemilik domain yang habis masa berlaku setelah 31 Desember 2012 harus mentransfer domainnya ke salah satu mitra PANDI paling lambat 10 (sepuluh) hari sebelum masa berlaku domain berakhir. Saat mentransfer, Anda akan diminta melakukan perpanjangan minimal 1 (satu) tahun pada mitra PANDI tersebut.


  7. Bagaimana kalau saya mentransfer nama domain setelah H-10 masa berlaku domain?
    Sistem secara otomatis akan menolak transfer domain. PANDI dan mitra yang Anda pilih akan membantu mencari solusi terbaik. Namun untuk kenyamanan Anda, kami sarankan untuk tidak melewati batas H-10 sebelum nama domain berakhir.


  8. Bagaimana cara mentransfer domain ke mitra PANDI.
    Pertama, Anda harus masuk ke panel pengelolaan domain PANDI. Klik nama domain yang ingin Anda transfer. Salin “kode otentikasi” pada bagian informasi “Domain”. Gunakan kode otentikasi ini untuk mentransfer domain melalui panel pengelolaan domain mitra yang Anda pilih.


  9. Apakah saya dikenakan biaya untuk mentransfer nama domain?
    Anda tidak dikenakan biaya apapun untuk mentransfer domain.


  10. Apakah biaya perpanjangan domain di semua mitra PANDI sama?
    Biaya perpanjangan domain dapat berbeda-beda pada masing-masing mitra PANDI. Pastikan Anda mengetahui biaya perpanjangan domain pada mitra PANDI yang Anda pilih sebelum melakukan transfer.


  11. Bolehkan saya mentransfer nama domain sebelum 31 Desember 2012?
    Ya, Anda boleh melakukan transfer domain kapan saja, tidak perlu menunggu 31 Desember 2012. Tapi hingga 31 Desember 2012 Anda masih dapat memperpanjang nama domain melalui PANDI.


  12. Dapatkan saya mentransfer nama domain yang masih lama masa berlakunya?
    Ya, Anda dapat mentransfer nama domain yang masih lama masa berlakunya. Hanya saja, Anda akan dikenakan perpanjangan minimal 1 (satu) tahun pada mitra PANDI tersebut. Jika Anda keberatan dengan perpanjangan ini, lakukan transfer menjelang masa berlaku domain Anda berakhir. Kami sarankan Anda mentransfernya 2-3 minggu sebelum nama domain berakhir.